POLMAN,POJOK RAKYAT.ID — Halo ASSAMI adalah akronim dari _Aspirasi Solusi dan Sistem Aduan Masyarakat Interaktif_ . Layanan Pengaduan Online Halo ASSAMI ini akan dipantau langsung oleh Bupati maupun Wakil Bupati.
Kepala Dinas Kominfo SP Polewali Mandar Aco Musaddad HM menyampaikan bahwa Layanan Halo ASSAMI merupakan salah satu janji kampanye Bapak H.Samsul Mahmud dan Hj. Andi Nursami Masdar disaat kampanye sebagai calon bupati dan wakil bupati pada Pemilukada yang lalu.
Halo ASSAMI juga diidentikkan dengan akronim dari Aji Assul dan Andi Nursami Masdar, yang digagas oleh Bapak Bupati H.Samsul Mahmud bersama Hj. Andi Nursami Masdar untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat.
Aco Musaddad HM menyampaikan bahwa manfaat aplikasi Aspirasi Solusi dan Sistem Aduan Masyarakat Interaktif atau Halo ASSAMI diantaranya adalah :
Pertama: MUDAH MENYAMPAIKAN KELUHAN. Masyarakat dapat menyampaikan keluhan kapan saja dan dimana saja melalui HP.
Kedua: MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN. Pengaduan masyarakat dapat ditindaklanjuti dengan cepat, tepat, dan tuntas.
Ketiga: MEMPERBAIKI PELAYANAN. Pengaduan masyarakat dapat menjadi sumber informasi untuk memperbaiki kesalahan dan meningkatkan pelayanan.
Keempat: MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT. Masyarakat dapat berpartisipasi dalam menyampaikan pengaduan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Kelima : MEMUDAHKAN MELACAK PERKEMBANGAN ADUAN. Masyarakat dapat melacak perkembangan atau status aduan yang telah mereka sampaikan.
Halo ASSAMI, masih dalam proses pembuatan Aplikasinya di Dinas Kominfo SP Polewali Mandar dan ditargetkan rampung di 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati.
Halo ASSAMI akan mengintegrasikan dengan Layanan Online yang telah ada seperti E-LAPOR yang merupakan layanan online yang dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan layanan online lainnya.
Halo ASSAMI ini akan membuka Layanan Aduan Online meliputi, persoalan pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, dan persoalan sosial ekonomi budaya dan lain-lain.
Tujuan Layana Aduan Halo ASSAMI:
1. Memberikan akses kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyampaikan pengaduan.
2. Memanfaatkan pengaduan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.
3. Memanfaatkan pengaduan masyarakat untuk memperbaiki pelayanan publik.
4. Memanfaatkan pengaduan masyarakat untuk mendengarkan keluhan masyarakat.
Harapannya:
Harapan yang ingin didapatkan dari pengaduan masyarakat secara online adalah, Pelayanan Publik yang Lebih Berkualitas, Responsif, dan Cepat.
Untuk mencapai hal tersebut kata Aco Musaddad HM “Dibutuhkkan Kerjasama, Kolaborasi, Integritas semua pihak untuk Mewujudkan Polewali Mandar yang Lebih Baik dengan meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik.(*)